Kamis, 01 September 2022

Berdasarkan pengertian arti dari kata ECHAD, maka ECHAD itu tidaklah mati, sebab ECHAD itu tidaklah terpisah dan ECHAD itu tidaklah berubah!

Jadi barangsiapa dan siapa saja DI DUNIA INI, bagi yang sudah memahami arti dari kata ECHAD disini, maka Aku itu tidaklah dilahirkan, Aku itu tidaklah mati, Aku itu tidaklah dibangkitkan, sebab Aku dan Bapa adalah satu (Yohanes 10:30)!

Jadi mengapa dikatakan YHVH itu ECHAD, atau Elohim kita itu ECHAD, karena Dialah yang berkuasa, yang memimpin, yang mengepalai, karena Dialah KASIH yang mengasihi, supaya jangan ada binasa, yang mengajarkan, yang menuntun, dsb!


Berdasarkan pengertian arti dari kata ECHAD, maka ECHAD itu tidaklah mati, sebab ECHAD itu tidaklah terpisah dan ECHAD itu tidaklah berubah! Sebagai contoh jika dikatakan manusia itu mati, maka yang mati itu bukannya lagi manusia, sebab pengertiannya manusia yang disebut ECHAD itu terdiri dari tubuh, jiwa dan roh. Maka itulah sebelum memahami “Aku dan Bapa adalah ECHAD” di Yohanes 10:30, terlebih dahulu, kita semua haruslah memahami kata ECHAD dan kata YAKHID!


A. Definisi arti ECHAD.

Sebuah kata dikatakan 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃, jika definisi 𝐤𝐚𝐭𝐚 tersebut mempunyai pengertian kumpulan atau yang terdiri dari beberapa bagian baik terstuktur, cara kerjanya maupun perubahannya, namun mempunyai definisi dan atau unsur material yang sama.

1. ECHAD secara structural : Sebuah kata dikatakan 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃, jika definsi 𝐤𝐚𝐭𝐚 tersebut mempunyai pengertian kumpulan atau yang terdiri dari beberapa bagian terstruktur, yang membentuk definisi sebuah kata tersebut.

a. Seorang (Satu) manusia adalah kesatuan dari tubuh, nafas, jiwa, pikiran, perasaan. Atau dengan kata lain, definisi yang secara structural dari Seorang (Satu) manusia yang terdiri dari bagian-bagiannya yaitu tubuh, roh dan jiwa.

b. Satu keluarga adalah kesatuan dari ayah, ibu, anak. Disini terlihat definisinya secara structuralnya yang adalah bagian-bagian dari satu keluarga itu, dimana terdiri dari ayah, ibu dan anak.

c. Satu pohon adalah kesatuan dari akar, batang, cabang, dahan, ranting, daun. Demikianlah juga disini terlihat definisinya secara structural yang adalah bagian-bagian dari satu pohon, yang terdiri dari akar, batang, cabang, dahan, ranting dan daud.

2. ECHAD dengan keberadaan dan cara kerjanya : Sebuah kata dikatakan 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃, jika definisi arti dari 𝐤𝐚𝐭𝐚 yang lain adalah cara kerjanya, namun mempunyai unsur material yang sama.

Selain dari definisi ECHAD secara structural, juga terdapat definisinya ECHAD yaitu keberadaan dan cara kerjanya.

a. UDARA dan ANGIN. Keberadaan UDARA dan cara kerjanya UDARA, artinya disini UDARA bergerak yang disebut ANGIN. Sebutan UDARA dan ANGIN disini bukanlah berarti dua material yang berbeda, tetapi hanyalah satu material saja yaitu UDARA, sebab DEFINISINYA arti dari kata ANGIN yaitu UDARA yang bergerak.

b. AIR dan ARUS. Keberadaan AIR dan cara kerjanya AIR, artinya disini AIR bergerak yang disebut ARUS. Sebutan AIR dan ARUS disini bukanlah berarti dua material yang berbeda, tetapi hanyalah satu material saja yaitu AIR yang adalah senyawa dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen, yang menjadi H2O. Jadi ARUS adalah proses pergerakan AIR menuju kesetimbangan yang menyebabkan perpindahan horizontal dan vertikal massa AIR.

3. ECHAD akan perubahan namun tetap pada unsurnya : Sebuah kata dikatakan 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃, jika definisi arti dari 𝐤𝐚𝐭𝐚 yang lain mengalami perubahan, namun perubahan itu tetap mempunyai unsur material yang sama.

Selain dari definisi ECHAD baik secara structural maupun juga kebeadaan dan cara kerjanya, terdapat juga definisi ECHAD akan arti perubahan namun unsurnya tetap sama.

a. Air yang mengalami pemuaian sehingga menjadi uap air, dan kemudian proses menjadi air kembali atau berubah kembali menjadi es dan kemudian mencair dan menjadi air. Perubahan itu bukanlah berarti DEFINISI INTI dari melokul unsur Air ~ H20 itu berubah, tetapi wujudnya berubah yang dikarenakan temperature.

b. Air yang mengalami perubahan warna, dari warna coklat menjadi warna putih, kemudian menjadi warna bening. Perubahan itu bukanlah berarti DEFINISI ANTI dari molekul unsur Air – H20 itu berubah, tetapi warnanya berubah.

Inilah maksud dari kata 'ECHAD yang diterjemahkan menjadi "esa", "pertama", "satu", yang mempunyai pengertian kumpulan atau bagian dari 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐥𝐚𝐢𝐧, yang membentuk definisi dari sebuah kata tersebut.

B. Definisi arti YAKHID

TOTAL ada 15 Ayat dengan jumlah 15 kata YAKHID di dalam seluruh Kitab Suci-Nya PL disini! Sedangkan kata ECHAD ditemukan dari 738 ayat dengan jumlah 968 kata ECHAD di dalam seluruh Kitab Suci-Nya PL disini!

Kata יחיד yâchı̂yd yaw-kheed' yang artinya ; properly united, that is, sole; by implication beloved; also lonely; (feminine) the life (as not to be replace): - darling, desolate, only (child, son), solitary.

Arti dari kata YAKHID disini adalah 𝐭𝐮𝐧𝐠𝐠𝐚𝐥, bahwa TIDAK ADA YANG LAIN, selain hanyalah seorang diri. Morphologynya YAKHID disini adalah bagian keseluruhan yaitu ECHAD. Jadi kata ECHAD ini mencakup keseluruhan, sedangkan YAKHID bagian dari keseluruhan.

1. Ada tertulis : Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang 𝐭𝐮𝐧𝐠𝐠𝐚𝐥itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu." Kejadian 22:2

2. Ada tertulis : Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang 𝐭𝐮𝐧𝐠𝐠𝐚𝐥kepada-Ku." Kejadian 22:12

3. Ada tertulis : kata-Nya: "Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri--demikianlah firman TUHAN--:Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang 𝐭𝐮𝐧𝐠𝐠𝐚𝐥kepada-Ku, Kejadian 22:16

4. Ada tertulis : Ketika Yefta pulang ke Mizpa ke rumahnya, tampaklah anaknya perempuan keluar menyongsong dia dengan memukul rebana serta menari-nari. Dialah anaknya yang 𝐭𝐮𝐧𝐠𝐠𝐚𝐥; selain dari dia tidak ada anaknya laki-laki atau perempuan. Hakim-Hakim 11:34

5. Ada tertulis : Bebaskanlah jiwaku dari pedang dan milikku 𝐬𝐚𝐭𝐮-𝐬𝐚𝐭𝐮𝐧𝐲𝐚dari cengkeraman anjing! Mazmur 22:21

6. Ada tertulis : Berpalinglah kepadaku dan kasihanilah aku, sebab aku 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐭𝐚𝐧𝐠 𝐤𝐚𝐫𝐚 dan tertindas. Mazmur 25:16

7. Ada tertulis : Ya Tuhan, berapa lama lagi Engkau hanya memandangi saja? Selamatkanlah jiwaku dari kehancuran mereka, dan 𝐬𝐚𝐭𝐮-𝐬𝐚𝐭𝐮𝐧𝐲𝐚milikku dari kawanan singa muda! Mazmur 35:17

8. Ada tertulis : Bapa bagi anak 𝐲𝐚𝐭𝐢𝐦dan Pelindung bagi para janda, itulah Elohim di kediaman-Nya yang kudus; Mazmur 68:6

9. Ada tertulis : Karena ketika aku masih tinggal di rumah ayahku sebagai anak, lemah dan sebagai anak 𝐭𝐮𝐧𝐠𝐠𝐚𝐥bagi ibuku, Ayub 4:3

10. Ada tertulis : Hai puteri bangsaku, kenakanlah kain kabung, dan berguling-gulinglah dalam debu! Berkabunglah seperti menangisi seorang anak 𝐭𝐮𝐧𝐠𝐠𝐚𝐥, merataplah dengan pahit pedih! Sebab sekonyong-konyong akan datang si pembinasa menyerangmu. Yeremia 6:26

11. Ada tertulis : Aku akan mengubah perayaan-perayaanmu menjadi perkabungan, dan segala nyanyianmu menjadi ratapan. Aku akan mengenakan kain kabung pada setiap pinggang dan menjadikan gundul setiap kepala. Aku akan membuatnya sebagai perkabungan karena kematian anak 𝐭𝐮𝐧𝐠𝐠𝐚𝐥, sehingga akhirnya menjadi seperti hari yang pahit pedih." Amos 8:10

12. Ada tertulis : "Aku akan mencurahkan roh pengasihan dan roh permohonan atas keluarga Daud dan atas penduduk Yerusalem, dan mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam, dan akan meratapi dia seperti orang meratapi anak 𝐭𝐮𝐧𝐠𝐠𝐚𝐥, dan akan menangisi dia dengan pedih seperti orang menangisi anak sulung. Zakharia 12:10

Dan khususnya arti יחד yâchad yaw-khad' disini, bukanlah berarti arti positif yang ikut serta bersatu atau bergabung atau bersama-sama, tetapi artinya negatif yaitu menolak untuk bersatu, sebab arti dari kata יחיד yâchı̂yd yaw-kheed' adalah TUNGGAL. Jadi karena arti KETUNGGALANnya maka TIDAKLAH IKUT bersatu atau bergabung atau bersama-sama.

H3161 יחד yâchad yaw-khad' : A primitive root; to be (or become) one: - join, unite.

1. Ada tertulis : Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, 𝒋𝒂𝒏𝒈𝒂𝒏𝒍𝒂𝒉 kiranya rohku 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐭𝐮dengan perkumpulan mereka, sebab dalam kemarahannya mereka telah membunuh orang dan dalam keangkaraannya mereka telah memotong urat keting lembu. Kejadian 49:6

Penjelasannya : Dan khususnya arti 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐭𝐮disini, bukanlah berarti artinya positif yang ikut serta 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐭𝐮, tetapi negatif yang artinya menolak untuk ikut 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐭𝐮.

2. Ada tertulis : Tunjukkanlah kepadaku jalan-Mu, ya TUHAN, supaya aku hidup menurut kebenaran-Mu; 𝐛𝐮𝐥𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧𝐥𝐚𝐡 hatiku untuk takut akan nama-Mu. Mazmur 86:11

Penjelasannya : Arti lain dari kata 𝐛𝐮𝐥𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧𝐥𝐚𝐡 sama dengan kata 𝐬𝐚𝐭𝐮𝐤𝐚𝐧𝐥𝐚𝐡. Dan khususnya arti 𝐛𝐮𝐥𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧𝐥𝐚𝐡disini, adalah sebuah kata yang mengartikan untuk tidak ikut sertakan pada jalan-jalan yang lain. Jadi kata 𝐛𝐮𝐥𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧𝐥𝐚𝐡 disini adalah kata yang berlawanan dengan kata terpecah-pecah yang artinya negatif sebelumnya, sebab sudah menyimpang dari Kebenaran-Nya. Jadi kata 𝐛𝐮𝐥𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧𝐥𝐚𝐡 disini bukanlah artinya positif yang merangkum dari terpecah-pecahnya ketidakbenaran, tetapi artinya negatif yaitu menolak dari bergabunganya beberapa ketidakbenaran.

3. Ada tertulis : Engkau 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌akan 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐦𝐚-𝐬𝐚𝐦𝐚dengan raja-raja itu di dalam kubur, sebab engkau telah merusak negerimu dan membunuh rakyatmu. Anak cucu orang yang berbuat jahat tidak akan disebut-sebut untuk selama-lamanya. Yesaya 14:20

Penjelasannya : Dan khususnya arti 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐦𝐚-𝐬𝐚𝐦𝐚disini, bukanlah berarti artinya positif yang ikut serta bersama-sama, tetapi negatif yang artinya menolak untuk ikut bersama-sama.

C. Perbedaan 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 dan 𝐘𝐀𝐊𝐇𝐈𝐃

1. 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 itu artinya 𝐒𝐔𝐀𝐓𝐔 𝐊𝐀𝐓𝐀 𝐘𝐀𝐍𝐆 𝐀𝐃𝐀𝐋𝐀𝐇 𝐀𝐑𝐓𝐈 𝐃𝐀𝐑𝐈 𝐊𝐀𝐓𝐀 𝐘𝐀𝐍𝐆 𝐋𝐀𝐈𝐍, 𝐒𝐄𝐇𝐈𝐍𝐆𝐆𝐀 𝐌𝐄𝐍𝐉𝐀𝐃𝐈 𝐒𝐀𝐓𝐔 – 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐏𝐄𝐍𝐆𝐄𝐑𝐓𝐈𝐀𝐍𝐍𝐘𝐀.

𝑺𝒆𝒅𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏 𝒀𝑨𝑲𝑯𝑰𝑫 𝑻𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒊𝒄𝒂𝒓𝒂𝒌𝒂𝒏 𝑷𝒆𝒏𝒈𝒆𝒓𝒕𝒊𝒂𝒏 𝑨𝒓𝒕𝒊 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝑲𝒂𝒕𝒂. 𝑱𝒂𝒅𝒊 𝒌𝒂𝒕𝒂 𝒀𝑨𝑲𝑯𝑰𝑫 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒊𝒄𝒂𝒓𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒂𝒓𝒕𝒊 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝒌𝒂𝒕𝒂 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒔𝒂𝒕𝒖, 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒎𝒆𝒏𝒖𝒏𝒋𝒖𝒌𝒂𝒏 𝒑𝒆𝒏𝒈𝒆𝒓𝒕𝒊𝒂𝒏𝒏𝒚𝒂 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝒌𝒂𝒕𝒂 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒍𝒂𝒊𝒏. Melainkan kata YAKHID menunjukan bagiannya dari keseluruhan.

2. 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐛𝐞𝐫𝐥𝐚𝐧𝐝𝐚𝐬𝐚𝐫𝐤𝐚𝐧 𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐀𝐙𝐀𝐙 𝐄𝐃𝐔𝐊𝐀𝐒𝐈 𝐏𝐄𝐍𝐆𝐄𝐓𝐀𝐇𝐔𝐀𝐍, 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐢𝐧𝐠𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐦𝐛𝐚𝐥𝐢, 𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐬𝐤𝐫𝐢𝐩𝐬𝐢 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐚𝐬𝐚𝐬 𝐝𝐚𝐬𝐚𝐫 𝐇𝐮𝐤𝐮𝐦 𝐝𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐭𝐞𝐭𝐚𝐩𝐚𝐧-𝐍𝐲𝐚.

𝑺𝒆𝒅𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏 𝒀𝑨𝑲𝑯𝑰𝑫 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒎𝒆𝒏𝒅𝒆𝒔𝒌𝒓𝒊𝒑𝒔𝒊𝒌𝒂𝒏 𝒃𝒆𝒓𝒍𝒂𝒏𝒅𝒂𝒔𝒌𝒂𝒏 𝒑𝒂𝒅𝒂 𝒂𝒔𝒂𝒔 𝒅𝒂𝒔𝒂𝒓 𝑯𝒖𝒌𝒖𝒎 𝒅𝒂𝒏 𝑲𝒆𝒕𝒆𝒕𝒂𝒑𝒂𝒏-𝑵𝒚𝒂.

3. 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐛𝐞𝐫𝐌𝐀𝐉𝐄𝐒𝐓𝐘 𝐛𝐚𝐢𝐤 𝐒𝐢𝐧𝐠𝐮𝐥𝐚𝐫 𝐌𝐀𝐉𝐄𝐒𝐓𝐘 𝐦𝐚𝐮𝐧𝐩𝐮𝐧 𝐣𝐮𝐠𝐚 𝐏𝐥𝐮𝐫𝐚𝐥 𝐌𝐀𝐉𝐄𝐒𝐓𝐘.

𝑺𝒆𝒅𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏 𝒀𝑨𝑲𝑯𝑰𝑫 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌𝒍𝒂𝒉 𝒃𝒆𝒓𝑴𝑨𝑱𝑬𝑺𝑻𝒀.

4. 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐛𝐞𝐫𝐤𝐚𝐫𝐚𝐤𝐭𝐞𝐫 𝐏𝐄𝐌𝐈𝐌𝐏𝐈𝐍, 𝐏𝐄𝐍𝐆𝐔𝐀𝐒𝐀 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐓𝐄𝐑𝐈𝐍𝐓𝐄𝐆𝐑𝐈𝐓𝐀𝐒 𝐝𝐚𝐧 𝐒𝐎𝐒𝐈𝐀𝐋𝐈𝐓𝐀𝐒, 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐛 𝐢𝐤𝐮𝐭 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐭𝐮 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐛𝐞𝐫𝐠𝐚𝐛𝐮𝐧𝐠 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐦𝐚-𝐬𝐚𝐦𝐚 𝐝𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐏𝐄𝐌𝐈𝐌𝐏𝐈𝐍 𝐝𝐚𝐧 𝐌𝐞𝐦𝐩𝐞𝐧𝐠𝐚𝐫𝐮𝐡𝐢 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐚𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐢𝐭𝐮.

𝑺𝒆𝒅𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏 𝒀𝑨𝑲𝑯𝑰𝑫 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌𝒍𝒂𝒉 𝒃𝒆𝒓𝒌𝒂𝒓𝒂𝒌𝒕𝒆𝒓 𝑷𝑬𝑴𝑰𝑴𝑷𝑰𝑵 𝒎𝒂𝒖𝒑𝒖𝒏 𝒃𝒖𝒌𝒂𝒏𝒍𝒂𝒉 𝒋𝒖𝒈𝒂 𝑷𝑬𝑵𝑮𝑼𝑨𝑺𝑨 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝑰𝑵𝑻𝑬𝑮𝑹𝑰𝑻𝑨𝑺 𝒅𝒂𝒏 𝑺𝑶𝑺𝑰𝑨𝑳𝑰𝑻𝑨𝑺, 𝒌𝒂𝒓𝒆𝒏𝒂 𝒂𝒓𝒕𝒊 𝑲𝑬𝑻𝑼𝑵𝑮𝑮𝑨𝑳𝑨𝑵𝒏𝒚𝒂 𝒎𝒂𝒌𝒂 𝑻𝑰𝑫𝑨𝑲𝑳𝑨𝑯 𝑰𝑲𝑼𝑻 𝒃𝒆𝒓𝒔𝒂𝒕𝒖 𝒂𝒕𝒂𝒖 𝒃𝒆𝒓𝒈𝒂𝒃𝒖𝒏𝒈 𝒂𝒕𝒂𝒖 𝒃𝒆𝒓𝒔𝒂𝒎𝒂-𝒔𝒂𝒎𝒂 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒍𝒂𝒊𝒏𝒏𝒚𝒂.

Dan khususnya arti יחד yâchad yaw-khad' disini, bukanlah berarti arti positif yang ikut serta bersatu atau bergabung atau bersama-sama, tetapi artinya negatif yaitu menolak untuk bersatu, sebab arti dari kata יחיד yâchı̂yd yaw-kheed' adalah TUNGGAL. Jadi karena arti KETUNGGALANnya maka TIDAKLAH IKUT bersatu atau bergabung atau bersama-sama.

5. 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐦𝐞𝐧𝐜𝐚𝐤𝐮𝐩 𝐤𝐞𝐬𝐞𝐥𝐮𝐫𝐮𝐡𝐚𝐧.

𝑺𝒆𝒅𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏 𝒀𝑨𝑲𝑯𝑰𝑫 𝒃𝒂𝒈𝒊𝒂𝒏 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝒌𝒆𝒔𝒆𝒍𝒖𝒓𝒖𝒉𝒂𝒏.

D. Penjelasan perbedaan 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 dan 𝐘𝐀𝐊𝐇𝐈𝐃

1. 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 itu artinya 𝐒𝐔𝐀𝐓𝐔 𝐊𝐀𝐓𝐀 𝐘𝐀𝐍𝐆 𝐀𝐃𝐀𝐋𝐀𝐇 𝐀𝐑𝐓𝐈 𝐃𝐀𝐑𝐈 𝐊𝐀𝐓𝐀 𝐘𝐀𝐍𝐆 𝐋𝐀𝐈𝐍, 𝐒𝐄𝐇𝐈𝐍𝐆𝐆𝐀 𝐌𝐄𝐍𝐉𝐀𝐃𝐈 𝐒𝐀𝐓𝐔 – 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐏𝐄𝐍𝐆𝐄𝐑𝐓𝐈𝐀𝐍𝐍𝐘𝐀.

𝑺𝒆𝒅𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏 𝒀𝑨𝑲𝑯𝑰𝑫 𝑻𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒊𝒄𝒂𝒓𝒂𝒌𝒂𝒏 𝑷𝒆𝒏𝒈𝒆𝒓𝒕𝒊𝒂𝒏 𝑨𝒓𝒕𝒊 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝑲𝒂𝒕𝒂. 𝑱𝒂𝒅𝒊 𝒌𝒂𝒕𝒂 𝒀𝑨𝑲𝑯𝑰𝑫 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒊𝒄𝒂𝒓𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒂𝒓𝒕𝒊 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝒌𝒂𝒕𝒂 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒔𝒂𝒕𝒖, 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒎𝒆𝒏𝒖𝒏𝒋𝒖𝒌𝒂𝒏 𝒑𝒆𝒏𝒈𝒆𝒓𝒕𝒊𝒂𝒏𝒏𝒚𝒂 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝒌𝒂𝒕𝒂 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒍𝒂𝒊𝒏. Melainkan kata YAKHID menunjukan bagiannya dari keseluruhan.

Dan khususnya arti יחד yâchad yaw-khad' disini, bukanlah berarti arti positif yang ikut serta bersatu atau bergabung atau bersama-sama, tetapi artinya negatif yaitu menolak untuk bersatu, sebab arti dari kata יחיד yâchı̂yd yaw-kheed' adalah TUNGGAL. Jadi karena arti KETUNGGALANnya maka TIDAKLAH IKUT bersatu atau bergabung atau bersama-sama.

𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐝𝐢𝐬𝐢𝐧𝐢 𝐝𝐢𝐦𝐚𝐧𝐚 𝐍𝐔𝐌𝐄𝐑𝐈𝐊𝐧𝐲𝐚 𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐚𝐫𝐭𝐢 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐬𝐞𝐛𝐮𝐚𝐡 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐝𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐞𝐫𝐭𝐢𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐥𝐚𝐢𝐧, 𝐝𝐚𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐢𝐧𝐢 𝐓𝐈𝐃𝐀𝐊𝐋𝐀𝐇 𝐃𝐈𝐏𝐄𝐑𝐔𝐍𝐓𝐔𝐊𝐀𝐍 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐀𝐥𝐥𝐚𝐡, 𝐭𝐞𝐭𝐚𝐩𝐢 𝐡𝐚𝐧𝐲𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐝𝐢𝐩𝐞𝐫𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤𝐚𝐧 𝐬𝐩𝐞𝐚𝐬𝐢𝐚𝐥𝐧𝐲𝐚 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐄𝐥𝐨𝐡𝐢𝐦! 𝐃𝐚𝐧 𝐤𝐚𝐫𝐞𝐧𝐚 𝐚𝐫𝐭𝐢 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐄𝐥𝐨𝐡𝐢𝐦 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐫𝐭𝐢𝐧𝐲𝐚 𝐂𝐚𝐫𝐚 𝐊𝐞𝐫𝐣𝐚-𝐍𝐲𝐚 𝐘𝐇𝐕𝐇 (𝐓𝐔𝐇𝐀𝐍), 𝐦𝐚𝐤𝐚 𝐠𝐚𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐝𝐮𝐚 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐄𝐥𝐨𝐡𝐢𝐦 𝐝𝐚𝐧 𝐘𝐇𝐕𝐇 (𝐓𝐔𝐇𝐀𝐍) 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐒𝐚𝐭𝐮 – 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐝𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐘𝐇𝐕𝐇 (𝐓𝐔𝐇𝐀𝐍) 𝐢𝐭𝐮 𝐬𝐞𝐧𝐝𝐢𝐫𝐢!

Jadi penggunaan kata Echad disini, bukanlah pengertian satu kesatuan dari keberadaan jamaknya kata!

a. YHVH(Tuhan), disini artinya Echad.

TUHAN Elohim kita, TUHAN itu Echad : Kata Echad (Esa) disini digunakan karena arti dari kata Elohim disini, yang artinya Cara Kerja-Nya YHVH (TUHAN). Jadi kata disebutkan dua kata yaitu kata TUHAN dan kata Elohim kita, ini dimaksudkan bahwa Cara Kerja-Nya yang artinya Elohim kita, adalah TUHAN itu sendiri, maka disebutlah TUHAN itu Echad.

Dan Keberadaan kata Elohim dan kata TUHAN, yang disebutkan disini itu bukanlah jamaknya kata, dan penggunaan kata Echad disini bukanlah satu kesatuan dari jamaknya (Allah dan TUHAN) kata disini, tetapi PENGERTIAN ARTI DARI KATA ITU dan PENGERTIAN ITU ADALAH SATU, yaitu dimana arti dari kata ELOHIM itu adalah Cara Kerja-Nya YHVH (TUHAN) yang kita semua sudah tahu, nama dari Cara Kerja-Nya dengan Nama-Nya YHVH (TUHAN)!

Ada tertulis : Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Elohim kita, TUHAN itu esa! Ulangan 6:4 (Markus 12:29)

b. Kata Daging, disini artinya Echad.

ECHAD disini mendidik kita untuk memahami artinya ECHAD 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐬𝐞𝐛𝐮𝐚𝐡 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐞𝐫𝐭𝐢𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚 dari 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐥𝐚𝐢𝐧!

Jadi pada kejadian 2:24, terdapat dua kata yaitu PEREMPUAN dan LAK-LAKI, dan dikatakan satu – Echad. Dimana kata satu - Echad disini memberikan pengertian bahwa kata PEREMPUAN yang artinya TULANG DAN DAGINGNYA LAKI-LAKI.

𝐀𝐫𝐭𝐢 𝐏𝐄𝐑𝐄𝐌𝐏𝐔𝐀𝐍 : 𝐓𝐔𝐋𝐀𝐍𝐆 𝐃𝐀𝐍 𝐃𝐀𝐆𝐈𝐍𝐆𝐍𝐘𝐀 𝐋𝐀𝐊𝐈-𝐋𝐀𝐊𝐈

Dan karena pengertiannya PEREMPUAN itu, maka gabungan kedua kata LAKI-LAKI dan PEREMPUAN itu menjadi SATU - ECHAD.

𝐀𝐫𝐭𝐢 𝐏𝐄𝐑𝐄𝐌𝐏𝐔𝐀𝐍 : 𝐓𝐔𝐋𝐀𝐍𝐆 𝐃𝐀𝐍 𝐃𝐀𝐆𝐈𝐍𝐆𝐍𝐘𝐀 𝐋𝐀𝐊𝐈-𝐋𝐀𝐊𝐈

Ada tertulis : Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. 𝐈𝐚 𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐢𝐧𝐚𝐦𝐚𝐢 𝐩𝐞𝐫𝐞𝐦𝐩𝐮𝐚𝐧, 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐛 𝐢𝐚 𝐝𝐢𝐚𝐦𝐛𝐢𝐥 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐥𝐚𝐤𝐢-𝐥𝐚𝐤𝐢." Kejadian 2:23

Satu daging : Kata Echad disini digunakan, karena arti dari kata 𝐏𝐄𝐑𝐄𝐌𝐏𝐔𝐀𝐍 disini, itu artinya 𝐓𝐔𝐋𝐀𝐍𝐆 𝐃𝐀𝐍 𝐃𝐀𝐆𝐈𝐍𝐆𝐍𝐘𝐀 𝐋𝐀𝐊𝐈-𝐋𝐀𝐊𝐈!

Dan Keberadaan kata laki-laki dan perempuan, yang disebutkan disini adalah jamaknya kata, maka penggunaan kata Echad disini bukanlah satu kesatuan dari jamaknya (laki-laki dan perempuan) kata disini, tetapi 𝐏𝐄𝐍𝐆𝐄𝐑𝐓𝐈𝐀𝐍 𝐒𝐔𝐀𝐓𝐔 𝐊𝐀𝐓𝐀 𝐘𝐀𝐍𝐆 𝐀𝐃𝐀𝐋𝐀𝐇 𝐀𝐑𝐓𝐈 𝐃𝐀𝐑𝐈 𝐊𝐀𝐓𝐀 𝐘𝐀𝐍𝐆 𝐋𝐀𝐈𝐍, 𝐒𝐄𝐇𝐈𝐍𝐆𝐆𝐀 𝐌𝐄𝐍𝐉𝐀𝐃𝐈 𝐏𝐄𝐍𝐆𝐄𝐑𝐓𝐈𝐀𝐍 𝐘𝐀𝐍𝐆 𝐒𝐀𝐓𝐔 – 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃.

𝐀𝐫𝐭𝐢 𝐏𝐄𝐑𝐄𝐌𝐏𝐔𝐀𝐍 : 𝐓𝐔𝐋𝐀𝐍𝐆 𝐃𝐀𝐍 𝐃𝐀𝐆𝐈𝐍𝐆𝐍𝐘𝐀 𝐋𝐀𝐊𝐈-𝐋𝐀𝐊𝐈. 𝐏𝐄𝐍𝐆𝐄𝐑𝐓𝐈𝐀𝐍 𝐒𝐔𝐀𝐓𝐔 𝐊𝐀𝐓𝐀 𝐘𝐀𝐍𝐆 𝐀𝐃𝐀𝐋𝐀𝐇 𝐀𝐑𝐓𝐈 𝐃𝐀𝐑𝐈 𝐊𝐀𝐓𝐀 𝐘𝐀𝐍𝐆 𝐋𝐀𝐈𝐍, 𝐒𝐄𝐇𝐈𝐍𝐆𝐆𝐀 𝐌𝐄𝐍𝐉𝐀𝐃𝐈 𝐏𝐄𝐍𝐆𝐄𝐑𝐓𝐈𝐀𝐍 𝐘𝐀𝐍𝐆 𝐒𝐀𝐓𝐔 – 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃.

Ada tertulis : Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga 𝐤𝐞𝐝𝐮𝐚𝐧𝐲𝐚 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐬𝐚𝐭𝐮 𝐝𝐚𝐠𝐢𝐧𝐠. Kejadian 2:24

c. Kata Hari, disini artinya Echad.

Dan karena arti dari kata Hari yang artinya siang dan malam, maka gabungan kedua kata “siang dan malam” dan hari menjadi satu – ECHAD.

𝐀𝐫𝐭𝐢 𝐇𝐀𝐑𝐈 : 𝐒𝐈𝐀𝐍𝐆 𝐝𝐚𝐧 𝐌𝐀𝐋𝐀𝐌

Keberadaan kata siang dan malam inilah yang disebut hari, maka penggunaan kata Echad disini bukanlah satu kesatuan dari jamaknya (siang - malam dan hari ) kata disini, tetapi 𝐏𝐄𝐍𝐆𝐄𝐑𝐓𝐈𝐀𝐍 𝐒𝐔𝐀𝐓𝐔 𝐊𝐀𝐓𝐀 𝐘𝐀𝐍𝐆 𝐀𝐃𝐀𝐋𝐀𝐇 𝐀𝐑𝐓𝐈 𝐃𝐀𝐑𝐈 𝐊𝐀𝐓𝐀 𝐘𝐀𝐍𝐆 𝐋𝐀𝐈𝐍, 𝐒𝐄𝐇𝐈𝐍𝐆𝐆𝐀 𝐌𝐄𝐍𝐉𝐀𝐃𝐈 𝐒𝐀𝐓𝐔 – 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐏𝐄𝐍𝐆𝐄𝐑𝐓𝐈𝐀𝐍𝐍𝐘𝐀 , dimana arti dari kata Hari disini yang artinya siang dan malam, maka kata Hari lah dikatakan ECHAD!

Ada tertulis : Dan Elohim menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah 𝐇𝐀𝐑𝐈 𝐏𝐄𝐑𝐓𝐀𝐌𝐀. Kejadaian 1:5

d. Kata Tempat, disini artinya Echad.

Satu Tempat : Kata Echad disini digunakan, karena arti genangan airnya disini, adalah kumpulannya air.

Dan keberadaan kata segala air, yang disebutkan disini adalah jamaknya kata, maka penggunaan kata Echad disini, bukanlah satu kesatuan dari jamaknya (segala air) kata disini, tetapi PENGERTIAN DARI KATA ITU DAN PENGERTIAN ADALAH SATU, yaitu dari kata tempat disini yang artinya genangan air!

Ada tertulis : Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian. Kejadian 1:9

e. Kata Bangsa, disini artinya Echad.

Satu Bangsa : Kata Echad disini digunakan, karena bangsa disini, adalah kumpulan orang yang membentuk bangsa. Ada tertulis : barulah kami akan memberikan gadis-gadis kami kepada kamu dan mengambil gadis-gadis kamu; maka kami akan tinggal padamu, dan kita akan menjadi satu bangsa. Kejadian 34:16 (Kejadian_34:22 ; Kejadian _11:6 ; Kejadian _34:16 ; Kejadian _35:11 ; Yehezkial _37:22)

2. 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐛𝐞𝐫𝐥𝐚𝐧𝐝𝐚𝐬𝐚𝐫𝐤𝐚𝐧 𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐀𝐙𝐀𝐙 𝐄𝐃𝐔𝐊𝐀𝐒𝐈 𝐏𝐄𝐍𝐆𝐄𝐓𝐀𝐇𝐔𝐀𝐍, 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐢𝐧𝐠𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐦𝐛𝐚𝐥𝐢, 𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐬𝐤𝐫𝐢𝐩𝐬𝐢 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐚𝐬𝐚𝐬 𝐝𝐚𝐬𝐚𝐫 𝐇𝐮𝐤𝐮𝐦 𝐝𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐭𝐞𝐭𝐚𝐩𝐚𝐧-𝐍𝐲𝐚.

𝑺𝒆𝒅𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏 𝒀𝑨𝑲𝑯𝑰𝑫 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒎𝒆𝒏𝒅𝒆𝒔𝒌𝒓𝒊𝒑𝒔𝒊𝒌𝒂𝒏 𝒃𝒆𝒓𝒍𝒂𝒏𝒅𝒂𝒔𝒌𝒂𝒏 𝒑𝒂𝒅𝒂 𝒂𝒔𝒂𝒔 𝒅𝒂𝒔𝒂𝒓 𝑯𝒖𝒌𝒖𝒎 𝒅𝒂𝒏 𝑲𝒆𝒕𝒆𝒕𝒂𝒑𝒂𝒏-𝑵𝒚𝒂.

𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐝𝐢𝐬𝐢𝐧𝐢 𝐝𝐢𝐦𝐚𝐧𝐚 𝐍𝐔𝐌𝐄𝐑𝐈𝐊𝐧𝐲𝐚 𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐚𝐫𝐭𝐢 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐬𝐞𝐛𝐮𝐚𝐡 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐝𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐞𝐫𝐭𝐢𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐥𝐚𝐢𝐧, 𝐝𝐚𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐢𝐧𝐢 𝐓𝐈𝐃𝐀𝐊𝐋𝐀𝐇 𝐃𝐈𝐏𝐄𝐑𝐔𝐍𝐓𝐔𝐊𝐀𝐍 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐀𝐥𝐥𝐚𝐡, 𝐭𝐞𝐭𝐚𝐩𝐢 𝐬𝐩𝐞𝐚𝐬𝐢𝐚𝐥𝐧𝐲𝐚 𝐡𝐚𝐧𝐲𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐝𝐢𝐩𝐞𝐫𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤𝐚𝐧 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐄𝐥𝐨𝐡𝐢𝐦!

𝐃𝐚𝐧 𝐤𝐚𝐫𝐞𝐧𝐚 𝐚𝐫𝐭𝐢 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐄𝐥𝐨𝐡𝐢𝐦 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐫𝐭𝐢𝐧𝐲𝐚 𝐂𝐚𝐫𝐚 𝐊𝐞𝐫𝐣𝐚-𝐍𝐲𝐚 𝐘𝐇𝐕𝐇 (𝐓𝐔𝐇𝐀𝐍), 𝐦𝐚𝐤𝐚 𝐠𝐚𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐝𝐮𝐚 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐄𝐥𝐨𝐡𝐢𝐦 𝐝𝐚𝐧 𝐘𝐇𝐕𝐇 (𝐓𝐔𝐇𝐀𝐍) 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐒𝐚𝐭𝐮 – 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐝𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐘𝐇𝐕𝐇 (𝐓𝐔𝐇𝐀𝐍) 𝐢𝐭𝐮 𝐬𝐞𝐧𝐝𝐢𝐫𝐢!

Kata Elohim yang sudah disebutkan di dalam seluruh Kitab Suci-Nya disini, itu ada nama-Nya dan nama-Nya adalah YHVH! Maka gabungan kedua kata : Elohim dan TUHAN, itu pengertiannya : Nama Elohim itu adalah YHVH, yaitu kata yang pertama! Maka dengan Merujuk pada pengertian kedua kata : Elohim dan YHVH, ini dimaksudkan Nama Elohim itu adalah YHVH! Maka kata Echad disini digunakan, sebagai PENEGASAN yang menyatakan bahwa Nama-Nya Elohim itu adalah YHVH! Ada tertulis ; Dengarlah, hai orang Israel: YHVH itu Elohim kita, YHVH itu esa! Ulangan 6:4

YHVH (1) itu Elohim (2) kita, YHVH (1) itu Echad!

𝐃𝐚𝐧 𝐤𝐚𝐫𝐞𝐧𝐚 𝐚𝐫𝐭𝐢 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐄𝐥𝐨𝐡𝐢𝐦 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐫𝐭𝐢𝐧𝐲𝐚 𝐂𝐚𝐫𝐚 𝐊𝐞𝐫𝐣𝐚-𝐍𝐲𝐚 𝐘𝐇𝐕𝐇 (𝐓𝐔𝐇𝐀𝐍), 𝐦𝐚𝐤𝐚 𝐠𝐚𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐝𝐮𝐚 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐄𝐥𝐨𝐡𝐢𝐦 𝐝𝐚𝐧 𝐘𝐇𝐕𝐇 (𝐓𝐔𝐇𝐀𝐍) 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐒𝐚𝐭𝐮 – 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐝𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐘𝐇𝐕𝐇 (𝐓𝐔𝐇𝐀𝐍) 𝐢𝐭𝐮 𝐬𝐞𝐧𝐝𝐢𝐫𝐢!

Jadi keberadaan kata Echad disini, memberitahukan atau mengingatkan Kembali kepada kita, yang adalah pembelajaran, dan pengetahuan bagi kita, bahwa yang sudah tertulis di dalam seluruh Kitab Suci-Nya sebagai Hukum dan Ketetapan-Nya, bahwa kata Elohim itu ada nama-Nya dan nama-Nya adalah YHVH! Ada tertulis : Janganlah kamu bersumpah dusta demi nama-Ku, supaya engkau jangan melanggar kekudusan nama Elohimmu; Akulah YHVH. Imamat 19:12

Berikut ayat-ayat seluruh Kitab Suci, yang tertulis nama-Ku YHVH, maka tidak ada yang tertulis nama-Ku Elohim, sebab nama-Nya Elohim adalah YHVH, jadi yang Echad disini adalah YHVH, yaitu nama dari Elohim kita : Keluaran_6:3; Hos_12:5; Yesaya_42:8; Yeremia_16:21; Keluaran _15:3; Keluaran _20:7; Keluaran _34:14; Ulangan_5:11; Ulangan _6:13; Ulangan _10:8; Ulangan _10:20; Ulangan _10:20; Ulangan _12:5; Ulangan _12:11; Ulangan _12:21; Ulangan _14:23; Ulangan _14:24; Ulangan _16:2; Ulangan _16:6; Ulangan _16:11; Ulangan _18:5; Ulangan _26:2; 1Sa_12:22; 1Ki_14:21; 1Ch_16:8; 1Ch_16:10; 1Ch_16:29; 1Ch_23:13; 2Ch_12:13; Mazmur_29:2; Mazmur _30:4; Mazmur _34:3; Mazmur _68:4; Mazmur _96:2; Mazmur _96:8; Mazmur _97:12; Mazmur _99:6; Mazmur _103:1; Mazmur _105:1; Mazmur _105:3; Mazmur _135:3; Mazmur _145:21; Mazmur _148:13; Yesaya_12:4; Yesaya _47:4 ; Yesaya _48:2; Yesaya _51:15; Yesaya _54:5; Yeremia_10:16; Yeremia _31:35; Yeremia _33:2; Yeremia _46:18; Yeremia _48:15; Yeremia _50:34; Yeremia _51:19; Yeremia _51:57 ; Hos_12:5; Amo_4:13; Amo_5:8; Amo_5:27; Amo_9:6; Mic_6:9; Zakharia _14:9 ; Mal_3:16.

YHVH (1) itu Elohim (2) kita, YHVH (1) itu Echad!

𝐃𝐚𝐧 𝐤𝐚𝐫𝐞𝐧𝐚 𝐚𝐫𝐭𝐢 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐄𝐥𝐨𝐡𝐢𝐦 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐫𝐭𝐢𝐧𝐲𝐚 𝐂𝐚𝐫𝐚 𝐊𝐞𝐫𝐣𝐚-𝐍𝐲𝐚 𝐘𝐇𝐕𝐇 (𝐓𝐔𝐇𝐀𝐍), 𝐦𝐚𝐤𝐚 𝐠𝐚𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐝𝐮𝐚 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐄𝐥𝐨𝐡𝐢𝐦 𝐝𝐚𝐧 𝐘𝐇𝐕𝐇 (𝐓𝐔𝐇𝐀𝐍) 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐒𝐚𝐭𝐮 – 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐝𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐘𝐇𝐕𝐇 (𝐓𝐔𝐇𝐀𝐍) 𝐢𝐭𝐮 𝐬𝐞𝐧𝐝𝐢𝐫𝐢!

Ada tertulis : Sebab beginilah firman YHVH, yang menciptakan langit, --Dialah Elohim--yang membentuk bumi dan menjadikannya dan yang menegakkannya, --dan Ia menciptakannya bukan supaya kosong, tetapi Ia membentuknya untuk didiami--:"Akulah YHVH dan tidak ada yang lain. Yesaya 45:18

3. 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐛𝐞𝐫𝐌𝐀𝐉𝐄𝐒𝐓𝐘 𝐛𝐚𝐢𝐤 𝐒𝐢𝐧𝐠𝐮𝐥𝐚𝐫 𝐌𝐀𝐉𝐄𝐒𝐓𝐘 𝐦𝐚𝐮𝐧𝐩𝐮𝐧 𝐣𝐮𝐠𝐚 𝐏𝐥𝐮𝐫𝐚𝐥 𝐌𝐀𝐉𝐄𝐒𝐓𝐘.

𝑺𝒆𝒅𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏 𝒀𝑨𝑲𝑯𝑰𝑫 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌𝒍𝒂𝒉 𝒃𝒆𝒓𝑴𝑨𝑱𝑬𝑺𝑻𝒀.

𝐒𝐝𝐫𝐚 𝐥𝐢𝐡𝐚𝐭 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐄𝐥𝐨𝐚𝐡𝐇 𝐝𝐢𝐬𝐢𝐧𝐢 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐒𝐈𝐍𝐆𝐔𝐋𝐀𝐑 𝐌𝐀𝐉𝐄𝐒𝐓𝐘, 𝐝𝐚𝐧 𝐚𝐝𝐚 𝐣𝐮𝐠𝐚 𝐏𝐋𝐔𝐑𝐀𝐋 𝐌𝐀𝐉𝐄𝐒𝐓𝐘 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮 𝐄𝐥𝐨𝐇𝐢𝐦! Jadi Kata EloahH itu bukanlah Yakhid, sebab kalau dikatakan Yakhid, maka TIDAK ADA kata God dan god, namun disini sdra bisa lihat 𝐩𝐞𝐧𝐮𝐥𝐢𝐬𝐚𝐧 𝐩𝐞𝐧𝐞𝐦𝐩𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐄𝐋𝐎𝐀𝐇𝐇 𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐬𝐞𝐛𝐮𝐚𝐡 𝐤𝐚𝐥𝐢𝐦𝐚𝐭 𝐛𝐢𝐬𝐚 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐆𝐨𝐝 𝐝𝐚𝐧 𝐛𝐢𝐬𝐚 𝐣𝐮𝐠𝐚 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐠𝐨𝐝 𝐢𝐭𝐮 𝐚𝐫𝐭𝐢𝐧𝐲𝐚 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃.

Jadi sebuah kata yang bisa diartikan sebagai God dan juga sebagai god, maka kata itu bukanlah YAKHID tetapi ECHAD. Sebab artinya YAKHID tidaklah memiliki arti gabungan yang bisa menggabungkan dan hanyalah standlone seorang diri. 𝐒𝐞𝐝𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐧 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐚𝐛𝐮𝐧𝐠𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐬𝐚𝐭𝐮 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐞𝐫𝐭𝐢𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐩𝐞𝐦𝐢𝐥𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐝𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐌𝐢𝐥𝐢𝐤-𝐍𝐲𝐚, 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐡𝐚𝐥 𝐢𝐧𝐢 𝐡𝐚𝐧𝐲𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐬𝐚𝐭𝐮 𝐄𝐥𝐨𝐚𝐡𝐇~𝐄𝐥𝐨𝐡𝐢𝐦 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐧𝐚𝐫 𝐝𝐚𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐫𝐤𝐮𝐚𝐬𝐚.

Jadi arti BERMASYARAKATnya atau SOSIALITASnya dan TERINTEGRASI, itulah arti dari MAJESTY akan kata ELOAHH ~ ELOHIM, sehingga dapat diartikan sebagai God dan god! Catatan jadi kalau sdra-sdri lihat terjemahannya dari kata Elohim atau Eloahh menjadi god kecil, itu artinya Pembanding dengan yang lain, jadi bukannya god kecil yang sebenarnya, tetapi PEMBANDING DENGAN YANG LAIN!

4. 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐛𝐞𝐫𝐤𝐚𝐫𝐚𝐤𝐭𝐞𝐫 𝐏𝐄𝐌𝐈𝐌𝐏𝐈𝐍, 𝐏𝐄𝐍𝐆𝐔𝐀𝐒𝐀 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐓𝐄𝐑𝐈𝐍𝐓𝐄𝐆𝐑𝐈𝐓𝐀𝐒 𝐝𝐚𝐧 𝐒𝐎𝐒𝐈𝐀𝐋𝐈𝐓𝐀𝐒, 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐛 𝐢𝐤𝐮𝐭 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐭𝐮 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐛𝐞𝐫𝐠𝐚𝐛𝐮𝐧𝐠 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐦𝐚-𝐬𝐚𝐦𝐚 𝐝𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐏𝐄𝐌𝐈𝐌𝐏𝐈𝐍 𝐝𝐚𝐧 𝐌𝐞𝐦𝐩𝐞𝐧𝐠𝐚𝐫𝐮𝐡𝐢 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐚𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐢𝐭𝐮.

𝑺𝒆𝒅𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏 𝒀𝑨𝑲𝑯𝑰𝑫 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌𝒍𝒂𝒉 𝒃𝒆𝒓𝒌𝒂𝒓𝒂𝒌𝒕𝒆𝒓 𝑷𝑬𝑴𝑰𝑴𝑷𝑰𝑵 𝒎𝒂𝒖𝒑𝒖𝒏 𝒃𝒖𝒌𝒂𝒏𝒍𝒂𝒉 𝒋𝒖𝒈𝒂 𝑷𝑬𝑵𝑮𝑼𝑨𝑺𝑨 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝑰𝑵𝑻𝑬𝑮𝑹𝑰𝑻𝑨𝑺 𝒅𝒂𝒏 𝑺𝑶𝑺𝑰𝑨𝑳𝑰𝑻𝑨𝑺, 𝒌𝒂𝒓𝒆𝒏𝒂 𝒂𝒓𝒕𝒊 𝑲𝑬𝑻𝑼𝑵𝑮𝑮𝑨𝑳𝑨𝑵𝒏𝒚𝒂 𝒎𝒂𝒌𝒂 𝑻𝑰𝑫𝑨𝑲𝑳𝑨𝑯 𝑰𝑲𝑼𝑻 𝒃𝒆𝒓𝒔𝒂𝒕𝒖 𝒂𝒕𝒂𝒖 𝒃𝒆𝒓𝒈𝒂𝒃𝒖𝒏𝒈 𝒂𝒕𝒂𝒖 𝒃𝒆𝒓𝒔𝒂𝒎𝒂-𝒔𝒂𝒎𝒂 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒍𝒂𝒊𝒏𝒏𝒚𝒂.

Contoh kata keluarga yang terdiri dari ayah ibu dan anak, maka dari satu keluarga yang disebut ECHAD disini ditunjukan sorang kepala keluarga yang mengepalai dari satu keluarga itu. Jadi kata ECHAD yang ditujukan kepada kata keluarga, maka kata keluarga itu hanyalah satu kepala keluarga yang mewakili seluruhnya anggota keluarga. Sedangkan kata YAKHID yang ditujukan kepada kata anak, yang adalah bagian dari anggota keluarga, maka kata anak itu tidaklah bisa dikatakan kepala keluarga.

5. 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐦𝐞𝐧𝐜𝐚𝐤𝐮𝐩 𝐤𝐞𝐬𝐞𝐥𝐮𝐫𝐮𝐡𝐚𝐧 (𝐌𝐚𝐬𝐜𝐮𝐥𝐢𝐧𝐞).

𝑺𝒆𝒅𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏 𝒀𝑨𝑲𝑯𝑰𝑫 𝒃𝒂𝒈𝒊𝒂𝒏 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝒌𝒆𝒔𝒆𝒍𝒖𝒓𝒖𝒉𝒂𝒏.

Contoh kata Keluarga. Kata keluarga itu adalah ECHAD, dimana definisi keluarga disini adalah ayah ibu dan anak. Jadi satu keluarga itu terdiri dari gabungan ayah, ibu dan anak, dan gabungan itu menjadi satu disebut ECHAD. Sedangkan bagian dari keluarga, masing-masing dapat disebut YAKHID. Contoh kata anak yang tunggal disebut YAKHID, dimana kata anak itu bagian dari keluarga.

Contoh kata Pohon. Kata pohon ini adalah ECHAD, dimana definisi pohon disini adalah ranting yang terdiri dedaunan, batang pohon, akar pohon. Jadi satu pohon itu terdiri dari gabungan ranting dedaunan, batang dan akar, dan gabungan itu menjadi satu disebut ECHAD. Sedangkan masing-masing bagiannya pohon dapat disebut YAKHID, contohnya batang tunggal atau akar tunggal.



Ini biarlah kamu semua paham, gambaran ini menunjukan ada seorang pribadi yang berada ditengah-tengah diantara yang lain.Dan seorang itu punya kuasa, yang memimpin, mengepalai diantara dari kumpulan disekitarnya. Dan seorang itu disebut ECHAD, karena dia berada dia berada ditengah-tengah perkumpulan, sebagai pemimpim, yang berkuasa. Jadi dikatakan ECHAD disini, satu orang haruslah berada di tengah-tengah perkumpulan, dan satu orang itu harus berkuasa, memimpin diantaranya. Contohnya diperkantoran ada seorang kepala kantor A, dialah yang disebut ECHAD dinatara bawahannya.




Dan seorang itu memimpin mengerakan dari sekitarnya, dan itulah Ciri khasnya ECHAD! Sedangkan YAKHID itu tidaklah, sebab YAKHID itu artinya hanyalah seorang diri, hanyalah untuk dirinya sendiri, memimpin dirinya sendiri dll.




Dan seorang itu haruslah memiliki INTEGRITAS yang mengontrol diantaranya, itulah baru dikatakan ECHAD! Sedangkan YAKHID itu TIDAK memiliki INTERGRITAS yang mengontrol seperti terlihat gambar disini!



Ilustasi sederhana dari gambar ini, memperlihatkan kepada kita untuk kita lebih memahami sederhananya pengertian ECHAD dan YAKHID! Jadi jika kamu sudah memahami pengertiannya ECHAD disini, maka berdasarkan konteks di Yohanes 1:14 yang dikatakan-Nya Anak Tunggal itu bukanlah pengertian YAKHID, tetapi ECHAD yang artinya 𝐬𝐚𝐭𝐮-𝐬𝐚𝐭𝐮𝐧𝐲𝐚! 𝐃𝐢𝐤𝐚𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐤𝐨𝐧𝐭𝐞𝐤𝐬𝐧𝐲𝐚 𝐢𝐭𝐮 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐞𝐫𝐭𝐢𝐚𝐧 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃, 𝐤𝐚𝐫𝐞𝐧𝐚 𝐊𝐞𝐛𝐞𝐫𝐚𝐝𝐚𝐚𝐧-𝐍𝐲𝐚 𝐝𝐢𝐚𝐧𝐭𝐚𝐫𝐚 𝐤𝐢𝐭𝐚, 𝒔𝒆𝒃𝒂𝒃 𝒑𝒆𝒏𝒈𝒆𝒓𝒕𝒊𝒂𝒏𝒏𝒚𝒂 𝒀𝑨𝑲𝑯𝑰𝑫 𝒊𝒕𝒖 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌𝒍𝒂𝒉 𝒃𝒆𝒓𝒈𝒂𝒃𝒖𝒏𝒈 𝒅𝒊𝒂𝒏𝒕𝒂𝒓𝒂 𝒌𝒊𝒕𝒂, ada tertulis : Firman itu telah menjadi manusia, dan 𝐝𝐢𝐚𝐦 𝐝𝐢 𝐚𝐧𝐭𝐚𝐫𝐚 𝐤𝐢𝐭𝐚, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. Yohanes 1:14
And the Word was made flesh, and dwelt among us, (and we beheld his glory, the glory 𝘢𝘴 𝘰𝘧 𝘵𝘩𝘦 𝐨𝐧𝐥𝐲 𝘣𝘦𝘨𝘰𝘵𝘵𝘦𝘯 𝘰𝘧 𝘵𝘩𝘦 𝘍𝘢𝘵𝘩𝘦𝘳,) full of grace and truth. John 1:14
Terjemahannya dari kalimat : 𝘢𝘴 𝘰𝘧 𝘵𝘩𝘦 𝐨𝐧𝐥𝐲 𝘣𝘦𝘨𝘰𝘵𝘵𝘦𝘯 𝘰𝘧 𝘵𝘩𝘦 𝘍𝘢𝘵𝘩𝘦𝘳 : 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘨𝘢𝘪 𝐬𝐚𝐭𝐮-𝐬𝐚𝐭𝐮𝐧𝐲𝐚 𝘢𝘯𝘢𝘬 𝘉𝘢𝘱𝘢.
Sekarang bandingkan arti kata Only disini yang adalah maksud dari kata ECHAD, jadi bukanlah YAKHID, tetapi ECHAD, ada tertulis : Geber the son of Uri was in the country of Gilead, in the country of Sihon king of the Amorites, and of Og king of Bashan; and he was the 𝐨𝐧𝐥𝐲 officer which was in the land. 1Kings 4:19
Terjemahannya : Geber bin Uri di tanah Gilead memegang tanah Sihon, raja orang Amori, dan tanah Og, raja Basan; dan dialah 𝐬𝐚𝐭𝐮-𝐬𝐚𝐭𝐮𝐧𝐲𝐚 kepala daerah yang ada di tanah itu. 1Raja-Raja 4:19



𝐉𝐚𝐝𝐢 𝐝𝐢𝐤𝐚𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐝𝐢𝐬𝐢𝐧𝐢, 𝐬𝐚𝐭𝐮 𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐡𝐚𝐫𝐮𝐬𝐥𝐚𝐡 𝐛𝐞𝐫𝐚𝐝𝐚 𝐝𝐢 𝐭𝐞𝐧𝐠𝐚𝐡-𝐭𝐞𝐧𝐠𝐚𝐡 𝐩𝐞𝐫𝐤𝐮𝐦𝐩𝐮𝐥𝐚𝐧 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐝𝐢𝐚𝐧𝐭𝐚𝐫𝐚𝐧𝐲𝐚 𝐤𝐮𝐦𝐩𝐮𝐥𝐚𝐧 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐝𝐢𝐚𝐦 𝐝𝐢𝐚𝐧𝐭𝐚𝐫𝐚 𝐤𝐢𝐭𝐚 (Yohanes 1:14), dan satu orang itu haruslah berkuasa yang memimpin diantaranya. Contohnya di perkantoran ada seorang kepala kantor A atau pada suatu wilayah atau daerah, yang pastinya ada kepala daerah, dan kepala kantor atau daerah, dialah yang disebut ECHAD diantara bawahannya dan masyarakatnya. Jadi arti satu-satunya (Only) disini bukanlah YAKHID atau TUNGGAL, tetapi ECHAD, sebab ECHAD memiliki Integrity, Leader, Great, Mighty! Ada tertulis : Geber bin Uri di tanah Gilead memegang tanah Sihon, raja orang Amori, dan tanah Og, raja Basan; dan dialah 𝐬𝐚𝐭𝐮-𝐬𝐚𝐭𝐮𝐧𝐲𝐚 𝒌𝒆𝒑𝒂𝒍𝒂 𝒅𝒂𝒆𝒓𝒂𝒉 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒂𝒅𝒂 𝒅𝒊 𝒕𝒂𝒏𝒂𝒉 𝒊𝒕𝒖. 1Raja-Raja 4:19




ECHAD itu MAJESTY, baik singular maupun plural khususnya bagi kata ELOAHH dan ELOHIM! 𝐒𝐝𝐫𝐚 𝐥𝐢𝐡𝐚𝐭 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐄𝐥𝐨𝐚𝐡𝐇 𝐝𝐢𝐬𝐢𝐧𝐢 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐒𝐈𝐍𝐆𝐔𝐋𝐀𝐑 𝐌𝐀𝐉𝐄𝐒𝐓𝐘, 𝐝𝐚𝐧 𝐚𝐝𝐚 𝐣𝐮𝐠𝐚 𝐏𝐋𝐔𝐑𝐀𝐋 𝐌𝐀𝐉𝐄𝐒𝐓𝐘 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮 𝐄𝐥𝐨𝐇𝐢𝐦! Jadi Kata EloahH itu bukanlah Yakhid, sebab kalau dikatakan Yakhid, maka TIDAK ADA kata God dan god, namun disini sdra bisa lihat 𝐩𝐞𝐧𝐮𝐥𝐢𝐬𝐚𝐧 𝐩𝐞𝐧𝐞𝐦𝐩𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐄𝐋𝐎𝐀𝐇𝐇 𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐬𝐞𝐛𝐮𝐚𝐡 𝐤𝐚𝐥𝐢𝐦𝐚𝐭 𝐛𝐢𝐬𝐚 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐆𝐨𝐝 𝐝𝐚𝐧 𝐛𝐢𝐬𝐚 𝐣𝐮𝐠𝐚 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐠𝐨𝐝 𝐢𝐭𝐮 𝐚𝐫𝐭𝐢𝐧𝐲𝐚 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃.
Jadi sebuah kata yang bisa diartikan sebagai God dan juga sebagai god, maka kata itu bukanlah YAKHID tetapi ECHAD. Sebab artinya YAKHID tidaklah memiliki arti gabungan yang bisa menggabungkan dan hanyalah standlone seorang diri. 𝐒𝐞𝐝𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐧 𝐄𝐂𝐇𝐀𝐃 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐚𝐛𝐮𝐧𝐠𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐬𝐚𝐭𝐮 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐞𝐫𝐭𝐢𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐩𝐞𝐦𝐢𝐥𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐝𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐌𝐢𝐥𝐢𝐤-𝐍𝐲𝐚, 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐡𝐚𝐥 𝐢𝐧𝐢 𝐡𝐚𝐧𝐲𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐬𝐚𝐭𝐮 𝐄𝐥𝐨𝐚𝐡𝐇~𝐄𝐥𝐨𝐡𝐢𝐦 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐧𝐚𝐫 𝐝𝐚𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐫𝐤𝐮𝐚𝐬𝐚.
Jadi arti BERMASYARAKATnya atau SOSIALITASnya dan TERINTEGRASI, itulah arti dari MAJESTY akan kata ELOAHH ~ ELOHIM, sehingga dapat diartikan sebagai God dan god! 𝐂𝐚𝐭𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐞𝐫𝐭𝐢𝐚𝐧 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐠𝐨𝐝 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐭𝐞𝐫𝐣𝐞𝐦𝐚𝐡𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐊𝐉𝐕 𝐝𝐢𝐬𝐢𝐧𝐢 𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐄𝐋𝐨𝐚𝐡𝐇, 𝐢𝐭𝐮 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐩𝐞𝐦𝐛𝐚𝐧𝐝𝐢𝐧𝐠 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐥𝐚𝐢𝐧.




ECHAD itulah MAJESTY, dan mengapa ECHAD disini adalah AKU? Jadi biarlah kamu semua paham disini tentang artinya MAJESTY baik S,MAJESTY maupun P,MAJESTY. Tentang AKU. Dan AKU itu ada-Nya, dan AKU dimana saja berada dan dimana saja, dan AKU diantara para ilah yang lain, karena kecemburuan-Ku, dengan tujuan untuk menunjukan kepada ciptaan-Ku, bahwa Keberadaan AKU yang bukan dari para ilah yang lain, supaya mereka memahami AKU. Jadi Keberadaan AKU itu ada-Nya dan Keberadaan AKU diantara pada ilah supaya kamu semua mengetahui bahwa AKU itu bukanlah para ilah itu. Catatan jadi kalau sdra-sdri lihat terjemahannya dari kata Elohim atau Eloahh menjadi god kecil, itu artinya Pembanding dengan yang lain, jadi bukannya god kecil yang sebenarnya, tetapi PEMBANDING DENGAN YANG LAIN!


Jadi dengan adanya pembanding dengan yang lain, maka AKU disini yang mengepalai yang memimpin dari yang lain, itulah ECHAD dari MAJESTYnya disini, sehingga dikatakan-Nya TIDAK ADA yang lain selain dari pada AKU, yang artinya ECHAD, jadi bukanya arti YAKHID tetapi ECHAD!


ECHAD itu dikatakan satu, karena satu itu artinya Pengertian nilai atau unsur yang sama. Dan satu disini adalah PEMIMPINANNYA, ada KEKUATANNYA, ada INTEGRITASNYA! Sedangakan kata Yakhid, itu TIDAK ADA KEKUATANNYA, TIDAK ADA PEMIMPINANNYA, TIDAK ADA INTEGRITASNYA, dan TIDAK ADA SOSIALITASNYA, sebab arti dari kata YAKHID itu tidaklah mau bergabung. 


Morphologynya Echad disini, dengan number-masculine singular.
Jadi number disini, bukanlah arti tunggal tetapi satu dari kesatuan, sedangkan tunggal itu bukanlah satu kesatuan


Morphologynya Echad disini, dengan number-masculine singular.
Jadi number disini, bukanlah arti tunggal tetapi satu dari 𝐤𝐞𝐬𝐚𝐭𝐮𝐚𝐧, sedangkan tunggal itu bukanlah satu kesatuan. 𝐃𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐟𝐢𝐧𝐢𝐬𝐢 𝐤𝐞𝐬𝐚𝐭𝐮𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐬𝐚𝐭𝐮 𝐝𝐢𝐬𝐢𝐧𝐢, 𝐢𝐭𝐮 𝐛𝐮𝐤𝐚𝐧𝐥𝐚𝐡 𝐣𝐚𝐦𝐚𝐤. 𝐭𝐞𝐭𝐚𝐩𝐢 𝐝𝐞𝐟𝐢𝐧𝐢𝐬𝐢 𝐬𝐭𝐮𝐤𝐭𝐮𝐫𝐚𝐥, 𝐝𝐞𝐟𝐢𝐬𝐧𝐢 𝐜𝐚𝐫𝐚 𝐤𝐞𝐫𝐣𝐚𝐧𝐲𝐚 𝐦𝐚𝐮𝐩𝐮𝐧 𝐝𝐞𝐟𝐢𝐧𝐢𝐬𝐢 𝐩𝐞𝐫𝐮𝐛𝐚𝐡𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚, 𝐧𝐚𝐦𝐮𝐧 𝐦𝐞𝐦𝐩𝐮𝐧𝐲𝐚𝐢 𝐝𝐞𝐟𝐢𝐧𝐢𝐬𝐢 𝐝𝐚𝐧 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐮𝐧𝐬𝐮𝐫 𝐦𝐚𝐭𝐞𝐫𝐢𝐚𝐥 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐬𝐚𝐦𝐚.

ECHAD itu dikatakan satu, karena satu itu artinya Pengertian nilai atau unsur yang sama. Dan satu disini adalah PEMIMPINANNYA, ada KEKUATANNYA, ada INTEGRITASNYA! Itulah arti kata ECHAD, karena ECHAD itu PEMIMPIN, KEKUATAN, INTEGRITAS dan SOSIALITAS dsb, dan itulah ajarannya dari YESUS KRISTUS disini YESHUA Only, Dialah kepala!

Kata AKU disini itu bukanlah TUNGGAL atau YAKHID! Jadi kata AKU disini adalah ECHAD, sebab DIA yang telah memberitahukan bahwa hanyalah DIA dan tidak ada yang lain, selain DIA yang berkuasa, yang memimpin segala makhluk ciptaan-Nya! Jadi perkataan-Nya yang DIA sendiri katakan AKU, dimana kata AKU disini adalah ECHAD, dan untuk memahami artinya ECHAD, sudah dijelaskan-Nya. Memahami kata AKU itu bukanlah TUNGGAL, tetapi ECHAD! Dan ECHAD disini bukanlah JAMAK, tetapi SATU yang memimpin, mengurui, menguasai dsb diantara para ilah dan semua ciptaaan-Nya! 

Jadi definisinya dari kata ECHAD dari kata “AKU ADALAH AKU” adalah Unsur Yang Sama! Maka Jabaran definisi dari UNSUR YANG SAMA, adalah disini :
a. AKU adalah Alfa dan Omega
Ada tertulis : "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Elohim, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa." Wahyu 1:8 ( Wahyu 1:8 (Wahyu 1:4; Wahyu_1:17, Wahyu _2:8, Wahyu 4:8; Wahyu 11:17; Wahyu 19:15; Wahyu 16:14; Wahyu 21:6; Wahyu _21:22, Wahyu _22:13; Yesaya_41:4, Yesaya _43:10, Yesaya _44:6, Yesaya _48:12; Kejadian_17:1, Kejadian_28:3, Kejadian_35:11, Kejadian_43:14, Kejadian_48:3; Kejadian_49:25; Keluaran_6:3; Bilangan_24:4; Yesaya_9:6; 2Korintus_6:18)

b. AKUlah Yang Tetap Sama
Ada tertulis : "Dengarkanlah Aku, hai Yakub, dan engkau Israel yang Kupanggil! Akulah yang tetap sama, Akulah yang terdahulu, Akulah juga yang terkemudian! Yesaya 42:18

c. AKU tetap Dia juga
Ada tertulis : Siapakah yang melakukan dan mengerjakan semuanya itu? Dia yang dari dahulu memanggil bangkit keturunan-keturunan, Aku, TUHAN, yang terdahulu, dan bagi mereka yang terkemudian Aku tetap Dia juga. Yesaya 41:4 (Yesaya_44:6, Yesaya_48:12, Yesaya_46:3-4; Matius_1:23, Matius_28:20)

d. AKU tetap Dia, sebelum AKU tidak ada Elohim yang dibentuk dan sesudahnya AKU tidak akan ada lagi.
Ada tertulis : "Kamu inilah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Elohim dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi. Yesaya 43:10 (Yesaya 43:13, Yesaya 46:4)

e. AKUlah Dia
Ada tertulis : Sebab itu umat-Ku akan mengenal nama-Ku dan pada waktu itu mereka akan mengerti bahwa Akulah Dia yang berbicara, ya Aku! Yesaya 52:6 (Ulangan_32:39, Yesaya_43:25, Yesaya_52:6, Markus_14:62, Yohanes_4:26, Yohanes_8:24, Yohanes_8:28, Yohanes_13:19, Yohanes_18:6, Yohanes_18:8).


Allah itu bukanlah arti AKU! Dan artinya Allah tentang keselamatan, dan kamulah sendiri yang menyelamatkan dirinya kamu, dan bukannya Allah yang menyelamatkan kamu! Sedangkan artinya "AKU" disini, AKUlah yang menyelamatkan kamu! Dan artinya AKU disini bukanlah Allah! 

Pemahaman yang keliru selama ini artinya Yakhid yang artinya bersatu.
Perlu memahami khususnya arti יחד yâchad yaw-khad' disini, bukanlah berarti arti positif yang ikut serta atau bersatu atau bergabung atau bersama-sama, tetapi artinya negatif yaitu menolak untuk bersatu, sebab arti dari kata יחיד yâchı̂yd yaw-kheed' adalah TUNGGAL. Jadi karena arti KETUNGGALANnya maka TIDAKLAH IKUT bersatu atau bergabung atau bersama-sama.

Sedangakan kata Yakhid, itu TIDAK ADA KEKUATANNYA, TIDAK ADA PEMIMPINANNYA, TIDAK ADA INTEGRITASNYA, dan TIDAK ADA SOSIALITASNYA, sebab arti dari kata YAKHID itu tidaklah mau bergabung. 

Jadi yang selalu temukan dengan istilahnya TUNGGAL itu pada Anak, dan tidaklah bisa pada KELUARGA ~ KELUARGA TUNGGAL, sebab definisi KELUARGA adalah gabungan dari Ayah,Ibu dan anak! Artinya disini, bahwa Anak dikatakan Tunggal ~ YAKHID, itu bagian dari ECHAD yang adalah SATU KELUARGA. Atau dengan kata lain, YAKHID itu bagiannya dari kata ECHAD!